IRONI CITRA BURUK

bukannya saya ngarang2 alesan,bukannya saya nyari2 hujjah tapi emang saya bener2 pengen lepas sepenuhnya dari yang namanya internet.pi apadaya,ternyata ga bisa,saya dah bener2 terikat banget ma yang namanya internet apalagi blog,seminggu ngga ngeblog aja kaya gimanaaaaaaaaaa gitu. beberapa minggu ini saya lagi nyoba ngehindarin sama yang namanya internet. bukan karena saya pengen,tapi karna saya dipaksa oleh keadaan saya sebagai aktivis di beberapa organisasi.

disini,di alhikmah,citra sangat menentukan keberadaan sebuah organisasi.sebagus apapun program yg dimiliki oleh sebuh organisasi,kalo emang aktivisnya punya citra yang buruk di masy santri,organisasi itu akan tercap buruk juga.makanya saya coba bangun citra saya lewat ga berhub ma yang namanya internt.menurut yg saya liat nih(bukan berarti sok tau),internet tuh bener2 dicap buruk ma santri(saya sih ga).karena santri kebanyakan melihat internet dari satu sisi tanpa mempertimbangkan sisi yang lainnya.mereka melihat internet buruk krna fb,chat,situs2 porno dll.bahkan guru2 pun ikut memandang internet buruk.padahal internet pun mempunyai sisi baik yang lebih banyak dibandingkan dengan sisi buruknya.saya juga heran sih ma santri,tp ga tau saya tetep nyoba jaga citra saya lewat ni.

tapi ternyata saya ga bisa ninggalin internet terutama blog.karna dari bloglah saya mengenal sebuah dunia yg ga pernah saya temuin sebelumnya.saya kenal orang2 hebat yg ga mungkin saya temuin disini.otak saya yg dah terdoktrin kuat ma tradisi kolot pesantren perlhan2 mulai terbuka.saya dapetin banyaaaaaaaaaaak banget manfaat dari blog,jd kenapa saya harus ninggalin blog?bukankah saya bisa jaga citra saya lewat keseharian saya?

welcome back yummy!!!!!!!!!!!!!!!!!!!!

Facebook Comments

8 pemikiran pada “IRONI CITRA BURUK

  1. bola memang ditangan santri, andai santri pada melek internet, demikian guru, tentu saya bisa ninggalin pondok sedari dulu.

    ada kegundahan dalam diri ketika menyaksikan banyak santri diluar kerap diolok-olok, diledek, dlsb. bukan karena santri buruk, tapi wawasan luas bagi seorang santri juga penting dalam bermasyarakat.

    payahnya, tak hanya santri. guru sebagai katalis juga memperlambat meleknya santri berinternet. saat saya mensosialisasikan internet mereka menyangka saya memaksa keahlian berkomputer. padahal internet dan komputer berbeda sekali. (internet = informasi, komputer=hardware)

    dari kasus itu saja terlihat bahwa guru juga sempit wawasannya. mungkin kata saya terlalu sadis, tapi lebih pahit bagi saya ketika harus menghadapi keadaan dalam pondok, yang seringkali berbuntut sakit hati.

    internet, bagi saya pribadi, selain menambah wawasan, juga melatih pengembangan diri, ketika blogging, facebook, dll. seseorang jadi terbiasa dengan kebebasan berpendapat, berekspresi dalam dunia nyata. jika tidak, maka seseorang tersebut akan menjadi puritan, terkungkung pengetahuan, dlsb. ini seperti ulama yang akhirnya jadi bulan2an masyarakat. akhirnya bukan agama yang dijunjung, tapi malah jadi barang hinaan.

    harus diakui memang internet juga membawa dampak buruk, tapi itupun jika tersesat. sekali lagi : ITU KARENA DIA TERSESAT, karena tak mengetahui ladang dalam dunia maya, mana yang harus dipilih, mana yang harus ditinggalkan. karena itulah saya bersama teman2 berupaya mengarahkan, dengan segala keterbatasan.

    jadi sebenarnya mereka juga mengatahui bahwa internet memiliki 2 sisi. saya jadi bingung bagaimana mereka mengupas mangga jika mereka menyadari bahwa pisau bisa untuk membunuh orang.

    note: posting ini sangat bagus sekali. sangat natural. keep blogging. “dengan tulisan/blogging seseorang dianggap ADA”

    “Mari ngeblog, dan berkarya memberikan sumbangsih dan kemajuan Indonesia. Semakin memasyakatnya internet adalah peluang pembelajaran kita di luar pendidikan formal”

    makasih atas komennya yg panjangnya sepanjang teks pidato ini

  2. menurut feeling aja yah, internet 90 % positif “bermanfaat”, 10% negatif “maksiat, dll”

    itu, aja. kenapa nyari yang 10, padahal dah disediain yang 90.

    ya makanya…tp internet bener2 dah dicap buruk padahal kan kenyataanya yg dblg mr oef y…

  3. yeah!! setujuuu!!….
    mau menggunakan internet menuju hal yg negatif ato positif semua kembali ke diri masing2.

    hayoo semangat ngeblog 🙂

    yoha….semuanya kan terserah kita…..mo menuju baik ato buruk

  4. Salam kenal….
    mau gak mau sekarang kita tak akan lepas dari dunia internet, sekarang gini mbah yummi kalo anda akan mjd clon msiswa, anda tidak bisa hidup jika gak pernah OL, semua Tugas2 kuliah hampr semuanya harus dilihat di webstaff dosen. mau mencari informasi yang uptodate dengan cepat tinggal baca di portal semacam kompas detik dll. apalagi sarana penunjang inetrnet semakin bagus.
    saya denger juga di brebes selatan Sekolah yang mempunyai hotspot area (grtis lagi) hanya ada di Alhikmah Benda, sekarang terserah pada kita memakai internet digunakan untuk apa?

    ga gratis ko…dah habis masa2 gratisnya….
    lam kenal juga….

  5. yupz! semua ada kekurangan juga kelebihan, pupuklah kelebihannya, maka kekurangan perlahan akan sirna.

Komentar ditutup.